Skip to content

Belajar menggunakan virtual DJ

February 23, 2011

Cara ngedj pake virtual dj langkah pertama ente mesti tahu tugas DJ dan kerjanya DJ tuh apa Dan ngapain? Simplenya tugas Dj muter lagu gak putus-putus dengan menggunakan teknik-teknik dan pergantian lagunya enak, gak bikin boring audien dan juga menghidupkan suasana. Nah itu dia. Kalo gw bahas detail ruwet bro. Ok, sekarang ane bahas teknik yang umum aja bagaimana melakukan perpindahan lagu yang enak (mixing), cara nentuin star buat pindahnya dimana. di bawah ini ya.

ok kita mulai dan gw anggap peralatan nya dah lengkap.  headphone, laptop/pc, speaker, 2 soundcard/usb sound, virtual dj software + sebungkus rokok..Halah…….!!!!!

Step 1: menentukan start dimana kita mau ganti lagu (cuting).memahami lagu buat ngeDJ.
ini secara simple aja ya? setiap lagu kan ada durasinya ente tahu 1 menit ada brapa detik? 60 detik. Ok, gw anggap dah lihat ya bagian bagian lagu. seperti basic beat, beat+bass rhythm dan lainya.

jadi simplenya:
——————————————————————————————————–
basic beat/song (15 – 30 detik — main song component(43, 57 – 60 detik)
– 30 – 60 detik basic beat
——————————————————————————————————-
ente kalo pengen paham download lagunya atau kalo ente dah punya (lagu yang lain gak masalah) dengerin / liatin durasinya pasti lagu-lagu buat ngeDJ kebanyakan ada perubahan irama pada durasi2 itu (genre: house, eletro house, progressive, tribal). Yang masih asli lho lagunya bukan yang mixtape nyambung track by track.

jadi : dari awal lagu basic beat (kosong dak duk, dak duk doang) tengah lagu Main song, akhir lagu kembali lagi ke basic beat.Biasanya antara 30 – 60 detik lagu mo habis itu cuma dak duk doang hik.hik. (hitungan mundur).

Apa hubungannya sama proses pergantian lagu, bro? pertanyaan bagus.

jadi bro, ngdj memakai virtual dj teknik START proses perpindahan lagu nya cara gampangnya berdasarkan gambar adalah ambil di durasi 2 menit, 1 menit ,30 detik lagu pertama mau habis ujung durasi/hitungan mundur tapi hitungan durasi itu gak pasti di situ setiap lagu mempunyai component yang berbeda . Cara ngelihatnya click di area TIME set REMAINING untuk lagu pertama. Untuk lagu kedua set ELAPSED (hitungan maju). waduh! maksud gak nih ya? Jadi pada saat lagu pertama kurang dari menit-menit tadi ente segera PLAY lagu kedua.

Terus timing untuk lagu kedua di berapa detik bro?? nah itu dia pertanyaan yang Gw tunggu.
Tergantung lagunya bro. Tapi umumnya di 57 detik or 1 menit lagu pertama harus sudah turun volumenya, dan lagu kedua naik Jadi simple nya gini bro.

Urutan proses singkat nya:

1.lagu pertama kurang 2 menit ( set remain lihat gambar) , lagu kedua start to PLAY. lalu samakan beatnya pake SYNC / PITCH BEND ( samakan lewat phone/ cue mix)
2. Volume level Lagu kedua mulai naik pada angka 2. selanjutnya naik ke angka 4, 6, 8
3. Pada durasi 43 detik lagu kedua (set elapsed seperti pada gambar) , volume level lagu pertama turun setengah pada pertengahan angka 6 dan 4.
4. selanjutnya volume lagu kedua naik full ke angka 10
5. Volume level lagu pertama turun sedikit demi sedikit sampe mentok..
6. selesai

Ribet ya bro…..teorinya memang ribet tapi kalo ente pratekin jadi gampang, itu hanya tutorial simple selanjutnya ente yg kembangin. Lebih bagus BASS ketemu BASS pergantian lagunya. gitu..ngerti gak ya??  Oya, teknik berlaku untuk internal mixer setting or external.

disarankan untuk beginner set config OPTION auto  agar mudah. Dan untuk latihan lebih baik pake skin dn-3500 suggestion karena nanti kalau udah paham baru pake skin yang lain terserah ente.

ok bro… Seperti itu lah cara memakai virtualdj, hampir sama jika kita Djing dengan cdj player…Ada pertanyaan comment aja.

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: